PPID

Selamat Datang di PPID Pembantu Diskominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten

Salam Transparansi........

Berdasarkan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Standar Layanan Informasi Publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang selanjutnya disebut PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Badan Publik dan bertanggungjawab langsung kepada atasan PPID . Atasan PPID adalah pejabat yang merupakan atasan langsung pejabat yang bersangkutan dan/atau atasan dari atasan langsung pejabat yang bersangkutan.  

Sedangkan PPID utama merupakan OPD yang berkaitan dengan pelayanan informasi publik, sedangkan yang menjadi PPID pembantu merupakan OPD - OPD lainnya yang secara spesifik tidak berkaitan dengan pelayanan informasi publik. Seperti halnya Pemerintah Provinsi Banten, yang menjadi PPID utama yaitu Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten tepatnya di Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik, sedangkan yang menjadi PPID pembantu yaitu opd lainnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, termasuk balai dan UPT dan sekolah - sekolah.

Perkembangan zaman semakin dinamis, apalagi disertai dengan kecanggihan teknologi, maka dari itu keberadaan media dalam jaringan (Daring) seperti PPID Utama pada Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten, sebagai informasi selain tersedia dalam bentuk media daring yaitu website PPID Utama Provinsi Banten, namun juga tersedia dalam bentuk online yaitu berupa aplikasi PPID Utama berbasis android yang dapat di install di play store dengan alamat PPID Provinsi Banten developer Banten Prov.

Sementara itu, terkait dengan keberadaan PPID Pembantu pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, yakni berada pada Sekretariat Diskominfo Statistik dan Persandian. Adapun Susunan Tim Kerja PPID Pembantu pada Diskominfo Statitstik dan Persandian adalah sebagai berikut :

1. Ketua        : Sekretatis Dinas

2. Sekretaris : Subbag Umum dan Kepegawaian

3. Anggota    : Tenaga Administrasi dan Pengelola Website 

Visi dan Misi PPID Pembantu Diskominfo Statistik dan Persandian

Visi " Mewujudkan Pelayanan Informasi Publik Menuju Smart Governance"

Misi :

1. Meningkatkan Informasi Publik di Era Digital Menuju Smart Governance

2. Meningkatkan Aksebilitas Masyarakat Terhadap Informasi Publik

3. Membangun dan Mengembangkan Sistem Pelayanan Informasi Publik

Motto PPID Pembantu Diskominfo Statistik dan Persandian

" Terdepan Dalam Melayani "

 

Tugas PPID Pembantu Diskominfo 

Adapun tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu  pada Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten memiliki tugas antara lain :

  1. Memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  2. Membantu PPID Utama dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya;
  3. Membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi unit kerjanya;
  4. Melakukan atau menetapkan suatau informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik;
  5. Melakukan koordinasi dengan PPID Utama dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik serta dokumentasi;