Sosialisasi SPACeMAP

Sosialisasi SPACeMAP

Kota Serang – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Provinsi Banten melalui Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi SPACeMAP, di ruang rapat Lt. 6 Gedung SKPD Terpadu, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B) Curug – Kota Serang, Selasa (20/08/2019).


Kegiatan tersebut terselenggara atas dasar Rakornas Inderaja 2019 : Peran Citra Satelit penginderaan jauh dalam mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals) era Industri 4.0.  Adapun peserta terdiri dari 27 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

Dalam acara tersebut, yang menjadi narasumber yaitu unsur dari Pusat Teknologi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Sedangkan yang membuka acara yakni Kadis Kominfo Komari, S.Pd., MM. Pada kegiatan tersebut disampaikan bahwa penyediaan data satelit penginderaan jauh untuk nasional merupakan amanat Undang – Undang Nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan dalam pasal 16-21 disebutkan LAPAN melakukan kegiatan akuisisi pengolahan dan pengelolaan data satelit penginderaan jauh untuk kebutuhan nasional. Sedangkan menurut Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2012 LAPAN berkewajiban menyedikan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi Pemerintah Indonesia, meningkatkan kapasitas dan operasi system akuisisi data. Adapun Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Penginderaan Jauh. Adapun pengguna dari data satelit tersebut dengan berbagai resolusi yakni Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Masyarakat.

Dijelaskan bahwa data optik resolusi rendah ≥250 m, data optik resolusi menengah 15-30 m, data optik resolusi tinggi 1,5 m, data optik resolusi sangat tinggi 50 m, data Synthetic Aperture Radar (SAR)

Sedangkan SPACeMAP merupakan Sistem Penyajian data penginderaan jauh yang cepat, mudah, aman dan popular) untuk monitoring wilayah di Provinsi dengan tampilan yang lebih informatif, interaktif dan user friendly. Dengan SPACeMAP, user dapat mengakses data secara online dengan memasukan username dan password yang disediakan untuk tiap Provinsi. User dapat mendownload sekaligus mengolah informasi secara online menggunakan data dan algoritma yang telah disediakan (Cepat). SPACeMAP dilengkapi dengan fitur OGC (Open Geospatial Consortium) sehingga pengguna dapat membuka data pada berbagai macam software pengolahan tanpa memperhatikan format filenya. Open Geospatial Consortium (OGC) atau standar berkualitas namun bersifat terbuk bagi komunitas geospasial di seluruh dunia. Standar-standar ini dibuat melalui proses konsesus dan tersedia secara bebas bagi siapa saja yang ingin menggunakanya untuk meningkatkan sharing data geospasial seperti Web Map Service (WMS), Web Feature Service (WFS), Web Map Tile Service (WMTS). Pustaekdata LAN memiliki sertifikat ISO 27001 mengenai keamanan data yang menjamin akses data secara aman. Download file hanya bisa dilakukan melalui tukar informasi menggunakan emaildan link download yang diterima akan expired berdasarkan waktu berdasarkan waktu yang ditentukan LAPAN. Keamanan data yakni perlindungan terhadap data di sistem SPACeMAP terhadap otorisasi tidak sah, modifikasi, atau perusakan menggunakan Sistem Manajemen Mutu ISO 27001. Tujuannya untuk menyediakan model guna penetapan, penerapan, pengoperasian, pemantauan, pengkajian, memelihara dan peningkatan Sistem Manajemen Keamanan Informasi antara lain privasi, integritas, otentikasi, ketersediaan (Aman). SPACeMAP dapat diakses melalui mobile app sehingga user bisa dengan udah melihat data citra atau pekerjaan yang sudah dilakukan untuk kemudahan survey lapangan (Populer).

SPACeMAP Provinsi Banten dapat di akses di http://spacemap.lapan.go.id/banten.  Sedangkan data yang tersedia di Provinsi Banten yaitu Mosaik Landsat 8 tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 (semester 1), Mosaik SPOT 6/7 tahun 2016-2917, 2017- 2018, 2018. Mosaik Pleiades tahun 2017-2018. Mosaik TerraSAR-X tahun 2017-2018.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan serah terima user dan password SPACeMAP LAPAN kepada Kadis Kominfo Provinsi Banten.