Profil

Profil Diskominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten :

Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Banten. Dalam melaksanakan tugasnya, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten menyelenggarakan fungsi dan wewenang yaitu pengelolaan informasi dan komunikasi publik Pemerintah daerah Provinsi, pengelolaan nama domain yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Pusat dan sub domain di lingkup Pemerintah Daerah provinsi, pengelolaan e-Government di lingkup Pemerintah Daerah provinsi, penyelenggaraan statistik sektoral di lingkup Pemerintah Daerah provinsi, penetapan pola komunikasi sandi antar perangkat daerah provinsi, dan pelaksanaan tugas yang diberikan oleh gubernur terkait dengan tugas dan fungsinya. Pegawai Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten dari Januari 2017 sampai dengan saat ini berjumlah 65 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ruang Lingkup kegiatan 

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, melaksanakan kegiatan di bidang teknologi informasi, penerapan produk-produk teknologi informasi, publikasi, dokumentasi, pelayanan informasi publik, statistika dan persandian.

Susunan Organisasi dan Tata Kerja

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 83 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Tugas Pokok, Fungsi, Tipe, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah. Dalam regulasi tersebut Diskominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten termasuk dalam klasifikasi Dinas tipe B. Adapun Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten adalah sebagai berikut :

1. Kepala Dinas

2. Sekretaris, membawahkan dua sub bagian yaitu :

(1). Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

(2) Sub Bagian Program, Evaluasi, Pelaporan dan Keuangan

2. Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, membawahkan tiga seksi :

(1) Seksi Sarana dan Prasarana Telematika;

(2) Seksi Pengelolaan Teknologi Informasi;

(3) Seksi Pendayagunaan Telematika

3. Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik, membawahkan tiga seksi :

(1) Seksi Pengembangan Aplikasi Informatika;

(2) Seksi Informasi dan Komunikasi Publik;

(3) Seksi Kelembagaan dan Kemitraan Media

4. Kepala Bidang Persandian Statistik dan Layanan Pengadaan, membawahkan tiga seksi :

(1) Seksi Tata Kelola Persandian;

(2) Seksi Pelayanan Informasi Statistik;

(3) Seksi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Elektronik
 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten :

1. Komari, S.Pd.,M.M ( Januari 2017 - 03 Maret 2020 )

2. Ir. Hj. Eneng Nurcahyati ( 03 Maret 2020 sampai dengan sekarang )

 

Profil Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten 

 

  1. Domisili

Gedung Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten, Area Gedung Baru OPD Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B) Jl. Raya Syech Nawawi Al Bantani, Kecamatan Curug – Kota  Serang Provinsi Banten

 

  1. Ruang Lingkup kegiatan

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, melaksanakan kegiatan di bidang teknologi informasi, penerapan produk-produk teknologi informasi, publikasi, dokumentasi, pelayanan informasi publik, statistika dan persandian.

 

  1. Visi dan Misi

Visi

 “Banten Yang Maju, Mandiri, Berdaya Saing, Sejahtera Dan Berakhlakul Karimah “

Misi  

1. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance);

2. Membangun dan Meningkatkan kualitas infrastruktur; 

3. Meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan berkualitas;

4. Meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan berkualitas;

5. Meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

 

  1. Fungsi dan Tugas

Berdasarkan perubahan Peraturan Gubernur Banten Nomor 58 Tahun 2020 tentang Uraian Tugas Jabatan Pimpinan Tinggi, Administrator dan Pengawas Perangkat Daerah, dijelaskan bahwa tugas pokok Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian mempunyai tugas pokok membantu Gubernur melalui koordinasi Sekretaris Daerah dalam menyelenggarakan perumusan, penetapan, pengoordinasian, dan pengendalian pelaksanaan tugas serta program dan kegiatan berdasarkan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan pada Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik, serta Bidang Persandian Statistik

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian mempunyai rincian tugas sebagai berikut:

1). Merumuskan program kerja di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian berdasarkan rencana strategis Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2). Mengoordinasikan pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian sesuai dengan program yang telah ditetapkan dan kebijakan pimpinan agar target kerja tercapai sesuai rencana;

3). Membina bawahan di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian dengan cara mengadakan rapat/pertemuan dan bimbingan secara berkala agar diperoleh kinerja yang diharapkan;

4). Mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian sesuai dengan tugas, tanggung jawab, permasalahan dan hambatan serta ketentuan yang berlaku untuk ketepatan dan kelancaran pelaksanaan tugas;

5). Mengoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mengimplementasikan eGovernment;

6). Mengoordinasikan implementasi e-Government dengan Perangkat Daerah Provinsi Banten;

7). Melaksanakan pengawasan dan pengendalian implementasi e-Government (Domain dan Sub Domain);

8). Menyusun kebijakan standardisasi pengembangan e-Government;

9). Merumuskan strategi kebijakan pengembangan dan pemanfaatan e-Government;

10). Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian dengan cara membandingkan rencana dengan kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana yang akan data;

11). Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian sesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai akuntabilitas kinerja;

12). Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

E. SOTK Dinas Kominfo Statisik dan Persandian  

Berdasarkan Perubahan Peraturan Daerah Nomor 58 Tahun 2020 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Banten. Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, memiliki empat unit kerja terdiri dari :

1. Sekretariat, terdiri dari (1) Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, (2) Sub Bagian Program Evaluasi Pelaporan dan Keuangan;

2. Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, terdiri dari (1) Seksi Sarana dan Prasarana Telematika, (2) Seksi Pengelolaan Teknologi Informasi, (3) Seksi Pendayagunaan Telematika  ;

3. Bidang Aplikasi dan Kelembagaan Informatika, terdiri dari (1) Seksi Pengembangan Aplikasi Informatika, (2) Kepala Seksi Kelembagaan Informatika;

4. Bidang Persandian Statistik, terdiri dari (1) Seksi Pelayanan Informasi Statistik, (2) Seksi Tata Kelola Persandian.

 

F. Jumlah Pegawai Diskominfo Statistik dan Persandian

Berdasarkan data kepegawaian Diskominfo sampai periode Februari 2021, jumlah PNS Diskominfo 59 orang, jumlah Non PNS (TKS) Diskominfo 82 orang.