Hanya Pakai Mobil Dinas Innova, Wagub Banten : “Biar Bisa di Segala Medan”


Serang – Ada yang berbeda dalam sepekan terakhir ini dari kehadiran Wakil Gubernur (Wagub) Banten H. Andika Hazrumy, S.Sos., M.AP., di kegiatan-kegiatan yang dilakukannya sebagai pejabat tinggi nomor dua di Pemprov Banten. Alih-alih menggunakan mobil mewah seperti yang berasal dari kelas sedan atau SUV (Sport Utility Vehicle), Wagub Banten justru memilih menggunakan mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) merek Toyota Innova, yang dikenal sebagai mobil berkelas menengah alias hampir bisa dikatakan bukan kelas mobil mewah.


“Ya, ini agar mobilitasnya tidak terkendala. Biar bisa di segala medan, ke gunung ayok, ke pesisir ayok, daerah Banten kan karakter wilayahnya beragam,” ucap Wakil Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur mengungkapkan dirinya memang baru mendapatkan mobil dinas sebagai Wakil Gubernur dalam beberapa pekan terakhir ini. Sebelumnya, sejak dilantik, Wakil Gubernur dipinjami mobil sebagai mobil dinas oleh Pemprov Banten, yakni mobil sedan merek Toyota Camry yang sudah ada di Pemprov Banten, alias bukan hasil pengadaan baru seperti seperti halnya mobil Innova yang digunakannya saat ini.

Wakil Gubernur juga menjelaskan, sebagai Wakil Gubernur dirinya diberi keleluasan untuk meminta fasilitas mobil dinas sesuai dengan spesifikasi yang diatur Pemerintah Pusat melalui Peraturan Menteri Keuangan.

“Kalau tidak salah mobil untuk Kepala Daerah itu kapasitas mesinnya minimal 2.500 cc dari jenis sedan atau SUV. Tapi saya lupa, coba nanti dicek lagi ya. Hanya saya memang pilih Innova saja, tidak apa-apa yang penting mobilitasnya lancar,” ungkap Wakil Gubernur.

Sebagai perbandingan, berdasarkan Permendagri Nomor 07 Tahun 2006 tentang  Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah disebutkan bahwa Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota  berhak memiliki dua unit mobil dinas untuk operasional yakni jenis Jeep dan Sedan.

Berdasarkan Permendagri tersebut, Bupati/Walikota diperbolehkan menggunakan dua unit kendaraan dinas yakni jenis sedan dengan kapasitas silinder maksimal 2500 cc dan jeep dengan kapasitas silinder maksimal 3200 cc. Sedangkan Wakil Bupati/Wakil Walikota diperbolehkan menggunakan mobil dinas satu unit sedan dengan kapasitas slinder 2200 cc dan 1 unit jeep dengan kapasitas silinder 2500 cc.

Sementara itu, untuk diketahui, mobil dinas Wakil Gubernur dengan merek Toyota Innova memiliki kapasitas mesin 2.000 cc untuk yang berbahan bakar bensin, dan 2.400 cc untuk yang bertenaga diesel atau berbahan bakar solar.  Adapun harga Toyota Innova Venturer ini di kisaran Rp. 388 juta untuk yang termurah, dan Rp. 447 juta untuk yang termahal.

Sebagai perbandingan saja, mobil sedan mewah dengan kapasitas mesin 2500 cc seperti Toyota Camry, sebagaimana mobil dinas Kepala Daerah, adalah seharga Rp. 550 juta – Rp.800 juta. Sementara untuk mobil SUV-nya dengan kapasitas mesin 3200 cc seperti Land Cruiser, bisa mencapai Rp.1 Milyar.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan