BANTEN MILIKI TAMAN HUTAN RAKYAT 1.590 HEKTAR


PEMERINTAH Provinsi Banten saat ini sudah memiliki Taman Hutan Rakyat (Tahura) di wilayah Kabupaten Pandeglang sekitar 1.590 hektar yang akan diresmikan sekitar Agustus 2013.

Kepala Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Provinsi Banten-Mochamad Yanuar di Kota Serang, Senin (22/7), menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kehutanan (Kemenhut) telah menetapkan luas kawasan untuk Tahura di Provinsi Banten sekitar 1.590ha yang terletak di Kawasan Hutan Carita, Gunung Aseupan, Kabupaten Pandeglang. Penetapan kawasan Tahura tersebut sudah disetujui pada 7 Maret 2012 lalu.

“Pembentukan Tahura ini berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya” jelas Kepala Dishutbun.

Pengertian Tahura sendiri adalah kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan atau satwa yang alami dan atau bukan alami, jenis asli dan atau bukan asli, yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budaya, pariwisata, dan rekreasi.

Dipilihnya kawasan Tahura di Kawasan Hutan Carita, Kabupaten Pandeglang, dinilai sangat cocok karena memiliki kekhasan ekosistem alami maupun buatan, ekosistem pantai, hutan pegunungan, serta memiliki aksesbilitas dalam rangka pengembangan wisata alam berbasis hutan.

Keberadaan Tahura Banten juga dapat dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi. Bahkan untuk menunjang keberadaan Tahura tersebut, Pemerintah Provinsi Banten telah membentuk kelembagaan baru yaitu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Tahura. UPTD tersebut akan diisi seorang pejabat Eselon III.

Kepala Seksi Perlindungan Hutan dan Konvervasi Alam Dishutbun Provinsi Banten-Muhamad Heryadi menambahkan bahwa konsep Tahura Banten mengadopsi Taman Dago Pakar Djuanda yang berada di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Heryadi, di kawasan Tahura di Banten juga terdapat potensi wisata alam yakni dua air terjun yang bernama Curug Gendang dan Curug Putri.

“Provinsi lain di Jawa sudah lama memiliki Tahura, untuk Banten sendiri tahun ini sudah memiliki. Mudah-mudahan bulan depan atau setelah Lebaran Idul Fitri 1434H akan diresmikan oleh Menteri Kehutanan” jelas Heryadi.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan