Wagub : "UNTIRTA Harus Memperkuat SDM Banten"

Wagub : "UNTIRTA Harus Memperkuat SDM Banten"

"Untirta harus mengambil peran melalui penguatan sumber daya manusia Banten dengan dukungan Pemerintah Provinsi Banten terhadap inkubator bisnis."

 

Demikian tegas Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy  sebagai pembicara utama Konferensi Nasional Akuntansi Bisnis dan Ekonomi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Hotel Horison Ultima Ratu Jl KH Abdul Hadi No. 66 Kota Serang (Rabu, 13/11/2019).


Wagub Andika mengapresiasi acara yang bertema Menciptakan Mental Jawara untuk Pengembangan Industri Kreatif dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 karena dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Provinsi Banten.

 

Menurutnys, moto Untirta "JAWARA" karena Banten memang terkenal sebagai daerah para jawara. Tapi diaplikasikan dan dijabarkan oleh Untirta  menjadi Jujur, Amanah, Wibawa, Adil, Religius dan Akuntabel.

 

"Jadi stigma negatif JAWARA yang terkesan jawara itu kasar, negatif bisa tereduksi oleh moto dari Untirta," ujar Wagub Andika.

 

Diharapkan, mental ini diterapkan bersama  baik di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten maupun kepada masyarakat yang ada di Provinsi Banten.

 

Pada kesempatan itu, Wagub Andika juga menginformasikan perkembangan terkini pembangunan Provinsi Banten.

 

Dijelaskan, pertumbuhan perekonomian dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di tahun 2017-2019 ada peningkatan yang sangat signifikan. Di tahun 2018 IPM provinsi Banten ± 70,64  dan di tahun 2019 naik menjadi ± 71,55. Dalam pelayanan masyarakat Provinsi Banten kaitannya penguatan ekonomi di Provinsi Banten dalam keadaan yang cukup baik.

 

"Tantangan dan rintangan memasuki area revolusi industri 4.0 harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan sumber daya manusia. Tantangan kreatifitas, untuk dapat memanfaatkan revolusi industri 4.0," jelas Wagub Andika.

 

"Saya sepakat dan setuju Untirta harus mengambil peran melalui penguatan sumber daya manusia Provinsi Banten, dengan dukungan Pemerintah Provinsi Banten terhadap inkubator bisnis," tambahnya.

 

Ditegaskan, sudah saatnya pemerintah melakukan conditional planing yang serius dan konprehensif untuk melakukan penekanan angka pengangguran tersebut.

 

"Inkubator bisnis akan menciptakan jiwa entrepreneurship baru," pungkas Wagub Andika.

 

Sementara itu Wakil Rektor Bidang 4 Untirta Kartina melaporkan, tujauan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas penelitian pada bidang ilmu akutansi.  Tidak saja penelitiannya tetapi kualitas publikasi atau jurnal-jurnal yang terakreditasi tingkat nasional untuk memperkuat lini bidang ilmu akutansi dan Untirta.