Wagub: "PPDB Sistem Zonasi Untuk Pemerataan Kualitas dan Fasilitas Pendidikan"

Wagub: "PPDB Sistem Zonasi Untuk Pemerataan Kualitas dan Fasilitas Pendidikan"

"Pelaksanaan sistem zonasi untuk melebur sekolah favorit agar sekolah-sekolah merata kualitas dan fasilitasnya," demikian jelas Wakil Gubernur (Wagub) Banten H. Andika Hazrumy, S.Sos., M.AP., menanggapi pertanyaan beberapa orang tua siswa saat melakukan kunjungan ke SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, Selasa (18/06/2019).


Ditambahkannya, PPDB tahun ini Dinas Pendidikan Provinsi Banten untuk melaksanakan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 yang mengacu pada sistem zonasi.

Dalam kunjungan ini, Wagub juga menegaskan bahwa kunjungan ini untuk melntau secara langsung alur pendaftaran mulai dari pengambilan nomor antrian, validasi data, verifikasi dan pencetakan jarak rumah ke sekolah, serta input data siswa.

"Alhamdulillah ada kemajuan dibanding dengan PPDB 2018," ungkapnya.

Ditambahkan, metode alur pendaftaran dibuat untuk mempermudah masyarakat, dibanding dengan tahun sebelumnya yang banyak dikeluhkan masyarakat. Dalam kesempatan itu, Wagub juga menyerap aspirasi dan usulan para orang tua calon siswa tentang PPDB 2019.

 "Bagaimana bapak ibu, apakah ada kendala?" tanya Wagub

 "Alhamdulillah tidak Pak," jawab beberapa orang tua calon siswa.

 "Tertib tidak?" tanya Wagub lagi.

 "Alhamdulillah tertib, hanya hari pertama kemarin agak ramai," jawab salah satu orang tua calon siswa.

 Wagub juga menjawab kerisauan para orang tua calon siswa yang menurut aturan hanya boleh mendaftar pada satu sekolah. Dijelaskannya pada tanggal 23 dan 24 Juni akan ada rekonsiliasi data di Sinas Pendidikan Provinsi Banten. 

 "Siswa yang tidak diterima, akan diverifikasi dan diarahkan atau disalirkan ke sekolah terdekat," jelasnya.

 Turut mendampingi dalam kunjungan ini Kepala Dinas Pendidikan Engkos Kosasih, Kepala Dinas Kominfo Komari, dan Kelapa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan Neng Nurhemah.