Sosialisasi Antisipasi Kejahatan Dunia Maya dan Internet Sehat

Sosialisasi Antisipasi Kejahatan Dunia Maya dan Internet Sehat

Tangerang - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten melalui Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tepatnya pada seksi Pendayagunaan Telematika, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Antisipasi Kejahatan Dunia Maya dan Internet Sehat di Provinsi Banten. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari berturut – turut mulai tanggal 27 Agustus bertempat di SMAN 6 Kabupaten Tangerang, tanggal 28 Agustus bertempat di SMAN 2 Kota Tangerang, tanggal 29 Agustus bertempat di SMAN 7 Kota Tangerang Selatan.


Adapun narasumber dari kegiatan tersebut antara lain Kasi Sosial Budaya dari Kejaksaan Tinggi Banten, Kasubdit V Direktorat Reserse Kriminal Khusus (DitReskrimsus) Polda Banten dan Praktisi Media. Sedangkan peserta dari kegiatan tersebut yaitu siswa/siswi pada sekolah SMAN 6 Kabupaten Tangerang, SMAN 2 Kota Tangerang, SMAN 7 Kota Tangerang Selatan yang masing – masing berjumlah 100 orang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kadis Kominfo Komari, S.Pd., MM., dan menyampaikan bahwa internet merupakan pengembangan teknologi komunikasi dan informasi yang bertujuan mempermudah akses berbagai informasi. Internet juga merupakan interconnection networking secara global karena merupakan jaringan komputer dalam skala internasional, maka dari itu internet menjadi salah satu sumber belajar bagi pelajar karena dengan menggunakan internet, pelajar dapat mengakses informasi-informasi secara cepat dan mudah. Perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih bukan hanya memberi manfaat bagi penggunanya tapi juga dapat menimbulkan pengaruh yang negatif bagi penggunanya, terutama baig kalangan pelajar apabila tidak digunakan secara tepat dan bijak.

Pada kesempatan tersebut, disampaikan pula dalam rangka memberikan pemahaman kepaga para pelajar tentang penggunaan internet yang tepat dan bijak serta menumbuhkan kesadaran kepada pelajar tentang pentingnya upaya antisipasi terhadap potensi terjadinya kejahatan dunia maya yang dapat menimpa kapanpun dimanapun. Maka dengan penggunaan internet sehat dipastikan akan memberikan banyak dampak positif terhadap kualitas kegiatan belajar mengajar baik secara kuantitas maupun kualitas. Para siswa/siswi semangat dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.