Rapat Koordinasi Pembentukan CSIRT

Rapat Koordinasi Pembentukan CSIRT
Rapat Koordinasi Pembentukan CSIRT

Kota Serang – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten Ir. Hj. Eneng Nurcahyati, membuka kegiatan rapat koordinasi dalam rangka pembentukan CSIRT (Computer Security Incident Response Team) atau tim tanggap insiden keamanan siber, di Lt. 2 Aula Dinas Perhubungan, KP3B – Curug Kota Serang, Rabu (04/11/2020).


Kegiatan yang diagendakan selama dua hari (04 – 05 November 2020) tersebut, dihadiri oleh seluruh pejabat Eselon III dan Eselon IV serta staff dilingkungan Diskominfo. Hadir sebagai narasumber dari BSSN antara lain Marcelina, Agus dan Yeni.

Sebagai informasi, CSIRT bertujuan untuk mengetahui tingkat maturitas stakeholder dalam pengangan insiden keamanan siber di Diskominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten. Dengan adanya tingkat maturitas diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai apa yang harus menjadi tindak lanjut baik oleh stakeholder maupun Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk meningkatkan kemampuan penanganan insiden siber.

Selain pemaparan materi dari narasumber, pada kegiatan tersebut juga dilakukan instrument pengukuran maturitas berupa assessment/penilaian yang diberikan oleh BSSN berupa tabel daftar pertanyaan yang harus diisi oleh Diskominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten.