Rapat Evaluasi Capaian MCP Korsupgah

Rapat Evaluasi Capaian MCP Korsupgah

Kota Serang – Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten mengikuti Rapat Evaluasi Capaian MCP (Monitoring Centre for Prevention) Korsupgah (Pencegahan Korupsi) yang diselenggarakan oleh Inspektorat Provinsi Banten, bertempat di ruang rapat Sekretaris Daerah Banten, KP3B - Kota Serang, Kamis (06/08/2020). Seperti diketahui, dengan prosentase 82% Provinsi Banten berada pada urutan ke-3 dalam MCP Pencegahan Korupsi di Indonesia.

Sebagai informasi, MCP Korsupgah merupakan aplikasi yang dimiliki oleh KPK. MCP Korsupgah yaitu Monitoring Centre for Prevention yang memberikan informasi capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi (korsupgah) yang dilaksanakan oleh seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) di seluruh Indonesia, meliputi 8 area intervensi antara lain (1) Perencanaan dan Penganggaran APBD, (2) Pengadaan Barang dan Jasa, (3) Pelayanan Terpadu Satu Pintu, (4) Kapabilitas APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah), (5) Manajemen ASN (Aparatur Sipil Negara), (6) Optimalisasi Pendapatan Daerah, (7) Manajemen Aset Daerah, (8) Tata Kelola Dana Desa.

Adapun update rencana aksi (renaksi) dilakukan oleh Pemerintah Daerah setidaknya setiap 3 bulan sekali yaitu Triwulan I (Januari – Maret), Triwulan II (Mei – Juni), Triwulan III (Agustus – September), Triwulan IV (Oktober – Desember). Sedangkan untuk updating data-data atau dokumen-dokumen terkait renaksi dilakukan oleh admin MCP pada Sistem Informasi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (www.korsupgah.kpk.go.id).

Terkait 8 area intervensi dalam MCP Korsupgah, salah satunya adalah Pengadaan Barang dan Jasa, maka dari itu peran Diskominfo dalam pengadaan barang dan jasa yakni melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) antara lain adalah (1) Melengkapi 17 Standar LPSE, menunggu assesment LKPP-RI, (2) Membantu sosialisasi e-katalog lokal, (3) Meningkatkan layanan SPSE melalui help desk LPSE yang standby 24 jam untuk para pengguna baik penyedia maupun aparatur (tertera kontaknya di website LPSE Banten), (4) Menjaga kesinambungan layanan server website LPSE melalui ketiga sesuai SOP dan SLA dengan LKPP-RI terkait dengan keamanan datanya, (5) Meningkatkan kemampuan SDM LPSE melalui keikutsertaan staff dan pejabat LPSE dalam program-program sosialisasi dan Bimtek LKPP-RI.