Pemutakhiran Website OPD

Pemutakhiran Website OPD

Kota Serang – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten melalui Seksi Pengembangan Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan  Pemutakhiran Website OPD, di ruang rapat Lt. 6 Gedung SKPD Terpadu, KP3B Curug – Kota Serang, Kamis (18/07/2019). Adapun peserta terdiri dari 24 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.


Pada acara tersebut, Kasi Pengembangan Aplikasi Informatika membuka acara sekaligus menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bermaksud dalam rangka penilaian pemeringkatan badan publik dari Komisi Informasi terkait penyediaan menu PPID pada website OPD. Sedangkan narasumber dari kegiatan tersebut yaitu Tim IT Diskominfo.

Dalam kegiatan tersebut, membahas terkait website di tiap-tiap OPD Provinsi Banten harus sudah upgrade tampilan websitenya dengan template terbaru yang sudah disediakan oleh Tim IT kominfo, kurang lebih ada enam template. Sebagai contoh, Website Diskominfo memilih tampilan template nomor 6, sebagi informasi bahwa setiap template memiliki perbedaan dalam masing-masing tampilan. Oleh karena itu, setiap OPD harus melakukan updating konten website seperti berita kegiatan-kegiatan OPD, program dan kegiatan OPD, dokumentasi-dokumentasi kegiatan OPD dan informasi – informasi yang berkaitan dengan pelayanan publik di OPD.

Selain itu, setiap OPD juga harus melakukan penginputan data pada menu PPID pembantu di website OPD dan diinput melalui admin dmsppid, disertai link informasi yang sudah terupload di aplikasi dmsppid.bantenprov.go.id (PPID Utama). Menu PPID di website hanyalah link dari data PPID yang ada di aplikasi dms.ppid, bukan di admin website namun setiap admin website harus bisa memiliki akses ke dmsppid.bantenprov.go.id.