NGAOS Bareng RTIK Banten

NGAOS Bareng RTIK Banten
NGAOS Bareng RTIK Banten

Kota Serang – Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (RTIK) Banten menyelenggarakan kegiatan NGAOS (Ngobrol Asyik Online Selama Pandemi Covid-19) bertema “Rindu Sekolah : Suka Duka Orang Tua dan Anak Saat Belajar #Dirumah Aja”. Kegiatan tersebut dilakukan secara live streaming Pemerintah Provinsi Banten yang dimoderatori sekretaris RTIK Banten Kang Taufik menghadirkan narasumber Kabid SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Dr. Rudi Prihadi, M.Si, Indriyanto Banyumurti koordinator program ICT Watch Indonesia. Kegiatan NGAOS tersebut berlangsung  mulai pukul 14.00 WIB s.d selesai, Sabtu (16/05/2020). Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, penyelenggara menyediakan doorprize total senilai Rp. 350.000,-.


Adapun yang dibahas dalam NGAOS tersebut antara lain adalah 7 langkah pengasuhan digital (Seven Steps To Good Digital Parenting) yang baik terdiri dari (1) Jaga komunikasi dengan anak artinya bicara lebih dulu dan lebih sering, terbuka dan bertatap muka, (2) Bekali diri terus belajar artinya cari tahu di internet apapun yang tidak anda mengerti, bisa menggunakan web rujukan seperti internetsehat.id/literasidigital, literasidigital.id, sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, (3) Gunakan aplikasi parental control artinya atur konen dan batas waktu di gadget anak, periksa setting privasi di medsos, awasi kegiatan anak di internet. Fungsi parental control yaitu mengatur aplikasi yang bisa digunakan di gadget anak, mengatur screen time, membatasi konten/aplikasi yang bisa dilihat di google play, melihat aplikasi yang paling sering digunakan anak, mengetahui lokasi anak, (4) Buat aturan bersama dan tegaskan konsukuensinya artinya diskusikan dan sepakati aturan bersama terkait penggunaan internet, batasi waktu dan tempat penggunaan gadget, berikan konsekuensi juka melanggar, (5) Menjadi teman dan ikuti anak di media sosial aritnya ikuti anak kita di media sosial, hargai ruang dan kebebasan online mereka, dorong reputasi digital yang baik di media sosial, (6) Jelajahi berbagai dan rayakan bersama artinya jelajahi dunia maya dengan anak dan eksplorasi dunia digital mereka, ceritakan pengalaman online kamu ke anak, belajarlah dari mereka dan bersenang-senanglah, (7) Jadilah teladan digital yang baik artinya batasi kebiasaan buruk digital anda sendiri, tahu kapan dan dimana harus berhenti, tunjukan pada anak bagaimana berekspresi yang baik di dunia online.

Selain itu, adapun tools yang dapat dimanfaatkan orangtua yaitu aktifkan google safe search, mengaktifkan mode terbatas di youtube, gunakan youtube kids, akun kids di Netflix, cari tahu rating usia untuk games/aplikasi, aktifkan control orang tua di play store, rating usia game/aplikasi di google play, google family link, batasi konten di google play, atur aplikasi yang bisa digunakan, atur waktu penggunaan perangkat anak, mengetahui lokasi dan aktivitas anak, game ular tangga internet sehat.

Dalam NGAOS tersebut, dibahas juga terkait kebijakan dan infrastruktur pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) di Provinsi Banten dan kegiatan PPDB SMAN – SMKN – SKhN.