Gubernur Banten Raih Penghargaan Pelopor Revitalisasi Banten

Gubernur Banten Raih Penghargaan Pelopor Revitalisasi Banten

Kota Tangerang - Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim, M.Si., sebagai Pelopor Revitalisasi Banten, bertempat di Swiss Bell Hotel BSD - Kota Tangerang Selatan, Selasa (23/07/2019). Penghargaan tersebut diperoleh karena Gubernur Banten dinilai sukses menata Kawasan Banten Lama yang kini juga populer disebut Kawasan Keraton Kesultanan Banten.


"Ada juga yang kurang setuju dengan ditatanya Kawasan Banten Lama, padahal dulu kumuh, kotor, semeraut tapi tidak nyinyir. Kini dengan ditatanya atau direvitalisasinya Kawasan Banten banyak yang bangga dan kagum," ungkap Gubernur usai menerima penghargaan.

Tak lupa, Gubernur juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada masyarakat yang terus mendukungnya dalam melakukan perubahan dan perbaikan yang lebih baik untuk Banten lebih maju kedepan. 

"Terima kasih kepada Masyarakat Banten, Rakyat Merdeka Group semua pihak atas penghargaan yang diberikan, ini menjadi motivasi dan spirit untuk senantiasa semangat mewujudkan Banten Maju, Mandiri, Berdaya Saing, Sejahtera dan Berakhlakul Karimah," paparnya.

Namun lebih penting, ujar Gubernur, ia menginginkan agar kedepan Banten tidak hanya menjadi lebih baik dengan perubahan-perubahan, tapi juga memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Banten. 

Sebagai informasi, saat ini Pemprov Banten sedang merevitalisasi kawasan Keraton Kesultanan Banten yang juga dikenal sebagai Kawasan Banten Lama. Diantaranya meliputi penataan halaman Masjid Agung Banten, revitalisasi Kanal Banten, pembangunan taman sebagai ruang publik dan ruang terbuka hijau, taman bermain anak, pedestrian, penataan kawasan pedagang kaki lima, tempat parkir kendaraan, hingga upaya membangun budaya bersih terus digencarkan.

"Selain itu, kami juga akan membangun Rumah Qur'an dan Rumah Debus di kawasan ini. Sejarah keunggulan diplomasi Kesultanan Banten dengan bangsa lain juga bakal digali,"tuturnya.

Untuk mendukung fasilitas bagi para pengunjung kawasan Keraton Kesultanan Banten sekaligus memberikan dampak langsung revitalisasi terhadap penduduk setempat, terang Gubernur, Pemprov Banten juga mendukung pembangunan homestay di kawasan ini. Nantinya, penduduk yang akan merenovasi rumahnya menjadi homestay. 

Revitalisasi semakin menarik pengunjung kawasan Keraton Kesultanan Banten dari berbagai daerah. Data Pemerintah Kota Serang menunjukkan kini pengunjung kawasan Kerotan Kesultanan Banten dalam satu tahun bisa mencapai 6 juta orang.

Gubernur Dr. H. Wahidin Halim, M.Si juga mendapatkan apresiasi dari mantan Gubernur Banten H. Rano Karno, S.IP.

"Untuk Banten yang maju, saya yakin dibawah kepemimpinan Gubernur Bapak Wahidin, Banten akan maju," ungkap mantan Gubernur Banten H. Rano Karno, S.IP., pada sisi yang lain.

Apresiasi juga disampaikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Menurutnya, Banten memiliki Gubernur yang berpengalaman dan pemimpin daerah yang muda-muda.

Sementara itu, pimpinan Rakyat Merdeka Group M Margiono mengatakan melalui Anugerah Banten Maju 2019 pers harus membiasakan diri untuk mengapresiasi. Tidak lagi arogan yang sok pintar.

"Mudah-mudahan acara ini menginspirasi teman-temtan wartawan untuk menulis yang lebih baik, menghargai dan mengapresiasi karya orang lain," tegasnya.

 Hadir dalam acara ini, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Mendagri Tjahyo Kumolo, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Tokoh Banten Taufiqurrahman Ruki dan KH Zarkasih Nur, Mantan Gubernur Banten H. Rano Karno, S.IP., Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmy Diani, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan tamu undangan lainnya.