FGD Penyusunan Laporan Akhir Tahun PPID

FGD Penyusunan Laporan Akhir Tahun PPID
FGD Penyusunan Laporan Akhir Tahun PPID
FGD Penyusunan Laporan Akhir Tahun PPID


Kota Serang – Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten Didi Hadiyatna, SE., MM., dalam agenda Focus Group Discussion (FGD) Laporan Tahunan dengan tema “Penyusunan Laporan Akhir Tahun 2022 PPID Pelaksana dan Evaluasi Hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Komisi Informasi Provinsi Banten, bertempat di Lt. 3 Aula Dinas Kominfo, Area Gedung Baru OPD Pemprov Banten KP3B, Curug – Kota Serang, Rabu (16/11/2022).


Agenda yang dimoderatori oleh Plt. Kabid Aplikasi Kelembagaan Informatika Ika Kartika menghadirkan narasumber dari Biro Hukum dan Komisi Informasi Provinsi Banten. Adapun beberapa hal yang disampaikan dalam agenda tersebut antara lain sistematika penyusunan laporan tahunan PPID tahun 2022 dan jadwal penyerahan laporan paling lambat disampaikan ke Komisi Informasi Provinsi Banten pada bulan Maret 2023. Adapun sistematika penyusunan laporan tahunan PPID terdiri dari 6 Bab yaitu gambaran umum kebijakan layanan informasi publik, gambaran umum pelaksanaan layanan informasi publik, rincian pelayanan informasi publik, rincian penyelesaian sengketa informasi publik, kendala eksternal dan internal dalam pelaksanaan pelayanan informasi publik, rekomendasi dan rencana tindak lanjut. 
Selain itu disampaikan pula terkait bantuan hukum non litigasi salah satunya yaitu mediasi, negosiasi, konsultasi hukum, pendampingan di luar persidangan. Adapun yang menjadi faktor kesuksesan penyelesaian sengketa informasi yaitu komitmen, koordinasi, alat bukti, menguasai materi sengketa. 
Pada kesempatan tersebut, Plt. Kadis Kominfo menyampaikan untuk agenda-agenda selanjutnya terkait PPID diharapkan agar para Sekretaris OPD atau minimal setara Eselon IV dapat meluangkan waktunya untuk mengikuti agenda PPID, karena biasanya informasi yang disampaikan dari level pimpinan kepada staff lebih responsif daripada informasi yang disampaikan dari staff kepada level pimpinan. 
Agenda yang diikuti oleh seluruh PPID pelaksana OPD Pemprov Banten berlangsung komunikatif dan antusias, walaupun digelar secara langsung namun para peserta maupun penyelenggara tetap mematuhi standar protokol kesehatan yang berlaku. Agenda tersebut pun diakhiri dengan sesi foto bersama.