Diskominfo Ikuti Webinar PKHP

Diskominfo Ikuti Webinar PKHP
Diskominfo Ikuti Webinar PKHP
Diskominfo Ikuti Webinar PKHP

Kota Serang – Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten mengikuti Webinar Rapat Evaluasi Kebijakan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP) yang diselenggarakan oleh DP3AKKB Provinsi Banten secara virtual meeting, Kamis (03/12/2020).


Webinar yang dibuka oleh Kadis DP3AKKB Sitti Ma’anina, menghadirkan narasumber dari PSW/G (Pusat Studi Wanita/Gender) Untirta Dr. Enggar Utari, Dr. Muhtarom Kepala Bappeda Banten dan dimoderatori oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga DP3AKKB Banten.

Adapun yang dibahas dalam rapat tersebut antara lain rencana aksi daerah peningkatan kualitas hidup perempuan di Provinsi Banten, arah dan kebijakan Pemerintah Provinsi Banten pada program kegiatan peningkaan kualitas hidup perempuan, Indeks Pembangunan Gender (IPG) 72%. Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP) adalah kondisi derajat seseorang dapat memenuhi berbagai kemungkuinan mengenai kehidupannya yang dapat berubah menjadi kondisi lebih baik dari sebelumnya. Masih rendahnya kualitas hidup perempuan yaitu pada aspek pendidikan, ekonomi, kesehatan, partisipasi politik perempuan, sosial budaya dan lingkungan. Angka Melek Huruf (AMH) di Provinsi Banten mengalami peningkatan pada tahun 2017 dengan prosentase laki-laki 97,55 dan perempuan 97,57.

Sebagai informasi, peserta dalam webinar tersebut terdiri dari OPD dilingkungan Pemprov Banten dan DP3AKKB di delapan Kabupaten/Kota Provinsi Banten. Dalam webinar tersebut, peserta yang diberi kesempatan oleh moderator untuk menyampaikan kegiatan yang responsife gender yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa Banten, Diskominfo Banten, Bapenda Banten, Dispora Banten, DP3AKKB Kota Cilegon. Penyelenggara berharap kepada seluruh OPD dilingkungan Pemprov Banten maupun DP3AKKB Kab/Kota agar setiap tahunnya selalu memiliki program kegiatan yang responsif gender.