Bimtek Konten Website Terpadu

Bimtek Konten Website Terpadu

Kota Serang – Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten, melalui Seksi Pendayagunaan Telematika  menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Konten Website Terpadu, di Aula Rapat Lt. 2 gedung Dinas Perhubungan Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Curug – Kota Serang, Selasa (30/04/2019).


Bimtek yang dihadiri oleh sejumlah pegawai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, khususnya pegawai yang bertugas sebagai pengelola konten website OPD. Adapun tujuan dari bimtek konten website terpadu yaitu untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta kemampun pegawai dalam mengelola konten website OPD, sehingga setiap kegiatan – kegiatan yang diselenggarakan oleh masing-masing OPD dapat terpublikasi.

Rosmawati, S.Sos., M.Si., selaku Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK) mewakili Kadis Kominfo Statistik dan Persandian, membuka kegiatan tersebut dan menyampaikan beberapa hal, salah satunya yaitu bahwa konten website harus terisi karena secara berkala ada monitoring updating konten website, sehingga para pengelola konten website di tiap-tiap OPD diharapkan dapat mempublikasikan kegiatan-kegiatan kantornya secara rutin agar website-nya selalu update.

Adapun narasumber dari kegiatan tersebut, antara lain yaitu Dr. Hasyim Gautama CISM, ISMS-LA Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo RI) dengan materi pengelolaan website pemerintah yang menarik bagi publik. Hasyim, menjelaskan bahwa manfaat website bagi instansi yaitu sebagai media informasi dan media interaksi. Adapun standarisasi portal dan situs web yaitu penggunaan domain seperti .go.id khusus untuk pemerintah, sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2015 tentang Register Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara, sehingga setelah terbitnya peraturan tersebut, suatu instansi sudah tidak menggunakan domain commercial lagi (.com). Selain itu, tampilan, konten, ramah pengguna, optimal bagi search engine merupakan faktor-faktor ketertarikan bagi sebuah website pemerintahan. Sedangkan terkait struktur pengelola konten yaitu terdiri dari sekretaris instansi sebagai penanggung jawab, pengelola teknis dan pengelola konten bertugas sebagai editor dan kontributor.

Selain itu, adapun narasumber dari praktisi media massa yaitu Widi Aria yang memberikan materi terkait teknik-teknik penulisan release pemerintahan. Menurutnya terdapat tiga jenis release yaitu basic release, product release dan finance release. Adapun prinsip-prinsip dasar dalam membuat release salah satunya yaitu datanya harus akurat, penulisan release harus menggunakan logika berfikir piramida terbalik maksudnya menulis dari yang khusus dulu kemudian yang umum. Sedangkan dalam penggunaan foto untuk release, harus foto yang baik yakni foto yang dapat menunjukan kesesuaian antara lokasi dan situasi yang dikunjungi pimpinan dengan isi release-nya, kualitas foto harus cerah atau tidak buram.