Bimtek Aplikasi SPSE Versi 4.3

Bimtek Aplikasi SPSE Versi 4.3
Bimtek Aplikasi SPSE Versi 4.3

Kota Serang - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) Provinsi Banten melalui Bidang Persandian, Statistik dan Layanan Pengadaan tepatnya Seksi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Elektronik (LPSE) menyelenggarakan Bimtek Aplikasi SPSE Versi 4.3 Angkatan IV Bagi Para Penyedia Barang/Jasa se-Provinsi Banten Tahun Anggaran 2019. Kegiatan tersebut, dibuka oleh Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Komari, S.Pd., MM., bertempat di Lt 1. ruang rapat LPSE gedung SKPD Terpadu, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B) Curug – Kota Serang.


Bimtek yang dilaksanakan dari pagi hingga sore hari itu, diikuti oleh 50 peserta dari Penyedia Barang/Jasa di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. Adapun narasumber dari Bimtek tersebut yaitu Roni Hermawan, SH.(Kasubbag Pengendalian Barang/Jasa) dan Fathony Sukendran, SE. (Kasubbag Pengendalian Pembangunan Bantuan Keuangan dan Dekonsentrasi Dana, Alokasi Khusus dan Tuas Perbantuan) dari Biro Administrasi Pembangunan (Adpem) Setda Provinsi Banten. Sedangkan instruktur Bimtek tersebut yaitu Handi Susanto, A.Md., dan Abdul Mukti, SE dari unsur seksi LPSE Diskominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Persandian Statistik dan Layanan Pengadaan Dwi Yudo Siswanto, S.Kom., MMSI., Kepala Seksi LPSE H. Aria Santana, SH., M.I.Kom., serta unsur Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut antara lain adalah terlaksananya optimalisasi jalinan hubungan dan kerjasama LPSE dan para penyedia se-Provinsi Banten, memberikan pemahaman tentang proses pengadaan secara elektronik khususnya mengenai E-Pengadaan Langsung bagi para penyedia  se-Provinsi Banten, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para penyedia tentang aplikasi SPSE dalam penerapan pengadaan secara elektronik.

Program Bimtek SPSE bagi para penyedia tersebut, merupakan program unggulan dari LPSE Provinsi Banten yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Hal itu sesuai dengan arahan dan komitmen serta program dan sasaran strategis LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia terhadap pengembangan sistem informasi yang handal.  Selain itu, perlu diketahui bahwa Pemerintah Provinsi Banten selaku pembina LPSE se-wilayah Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Kadis Kominfo Statistik dan Persandian menyampaikan bahwa LPSE pun melayani registrasi Dalam sambutannya, Kadis Kominfo Statistik dan Persandian menyampaikan bahwa LPSE pun melayani registrasi seluruh penyedia barang/jasa yang berdomisili di wilayah kerja LPSE yang bersangkutan. Mereka, baik ULP (Unit Layanan Pengadaan) maupun para penyedia dapat menggunakan fasilitas LPSE yang terdekat dengan tempat kedudukanya.

Sedangkan regulasi yang terkait dengan penyediaan barang/jasa yaitu Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Peraturan Kepala LKPP-RI nomor 19 tahun 2015 tentang Peningkatan Layanan Pengadaan secara Elektronik, PP nomor 4 tahun 2015 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.