Agenda Presentasi Monev KIP

Agenda Presentasi Monev KIP

Kota Serang – Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten Didi Hadiyatna, SE., MM., dalam agenda presentasi badan publik pada Monitoring Evaluasi (monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2022 melalui virtual meeting yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten, bertempat di Lt. 2 ruang Kadis Kominfo, Gedung Dinas Kominfo Area Gedung Baru OPD KP3B, Curug – Kota Serang,  Rabu (14/09/2022).


Adapun yang disampaiakan pada presentasi tersebut antara lain terkait komitmen, koordinasi dan inovasi PPID Pelaksana Dinas Kominfo dalam mengelola pelayanan informasi publik yang berpedoman pada regulasi pusat maupun regulasi daerah. Pada kesempatan tersebut, Plt. Kadis Kominfo menyampaikan bahwa komitmen yang dibangun pada PPID pelaksana antara lain maklumat pelayanan, penyerahan laporan tahunan layanan informasi publik, mengingatkan petugas PPID dalam melaksanakan tugas serta ringkasan-ringkasan pelayanan informasi publik. Selain itu koordinasi yang telah dilakukan oleh PPID Pelaksana Diskominfo selama tahun 2022 periode Januari sampai Agustus antara lain koordinasi dengan Komisi Informasi terkait tindak lanjut ketika ada permohonan informasi publik, mengikuti agenda-agenda yang diselenggarakan oleh PPID Utama maupun Komisi Informasi Provinsi Banten baik secara offline maupun online, koordinasi dengan bidang-bidang di Dinas Kominfo terkait pendataan daftar informasi publik. Sedangkan terkait inovasi, PPID Pelaksana Dinas Kominfo memiliki aplikasi formulir keberatan secara online yang dapat di akses di website resmi opd Dinas Kominfo, aplikasi penyimpanan data PPID yaitu document management system (dms), aplikasi PPID berbasis android yang dapat di install melalui play store.

Sebagai informasi, OPD yang teragendakan presentasi sama jadwal dengan Dinas Kominfo yaitu Inspektorat, DP3AKKB, DPMD, Dishub, Dinkop, DPMPTSP, Dispora, BKD, BPBD, BPSDM, Biro Pemerintahan dan Biro Hukum. Adapun tahapan monev KIP yaitu pengisian SAQ (Self Assesment Questioner), pemantauan website resmi badan publik, presentasi badan publik, visitasi ke badan publik.

Dalam sesi presentasi para peserta hanya diberikan waktu kurang lebih 10 menit, setelah itu diarahkan oleh panitia untuk beralih room (break out room) dan akan ada sesi interview dengan para panelis dari KI. Agenda yang terlaksana dari pagi hingga sore hari itu, berjalan dengan baik dan penuh antusias dari para peserta yang terdiri dari PPID Pelaksana badan publik (OPD).