Agenda Kadis Kominfo dengan Komisi Informasi

Agenda Kadis Kominfo dengan Komisi Informasi
Agenda Kadis Kominfo dengan Komisi Informasi
Agenda Kadis Kominfo dengan Komisi Informasi

Kota Serang – Setelah mengikuti agenda dengan Gubernur Banten, Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Ir. Hj. Eneng Nurcahyati, kembali mengikuti agenda dengan Komisioner Komisi Informasi Banten (KI-Banten), bertempat di Lt.2 ruang rapat Command Center Bidang TIK Diskominfo, KP3B – Curug Kota Serang, Rabu (01/07/2020).


Adapun beberapa hal yang didiskusikan dalam agenda tersebut antara lain yaitu terkait regulasi Peraturan Gubernur nomor 16 tahun 2011 tentang Pedoman PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) yang harus segera direvisi karena untuk menyesuaikan dengan SOTK dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Peraturan Daerah nomor 8 tahun 2012 tentang Tata Kelola Keterbukaan Informasi Publik Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Upaya-upaya Pemerintah Provinsi Banten dalam tata kelola Keterbukaan Informasi Publik (KIP) untuk dapat meraih peringkat kategori “Informatif” di tahun 2020. Seperti diketahui peringkat Pemprov Banten pada tahun 2019 mendapatkan kategori “Menuju Informatif”.

Aktivasi website OPD dilingkungan Pemprov Banten dan updating terkait konten pada menu PPID Pembantu OPD dilingkungan Pemprov Banten maupun SMA/SMK di Provinsi Banten, SOP (Standar Operasional Prosedur) PPID Utama. Selain websitenya aktif tapi kontenya juga harus update. Adapun waktu pelaksanaan pemeringkatan badan publik tahapanya dimulai bulan Juli sedangkan pelaksanaanya sekitar bulan Oktober dan November. Pada diskusi tersebut, dibahas pula mengenai tampilan desk PPID Utama dan hal-hal lain terkait PPID utama maupun PPID pembantu yang bersifat administratif. Adapun pemeringkatan Badan Publik terdiri dari kategori OPD di Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten/Kota, Lembaga Non Struktural di Provinsi Banten, BUMD, Partai Politik di Provinsi Banten.

Turut hadir dalam agenda tersebut, Sekretaris Diskominfo H. Suska Deswiyanto, Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik H. Amal, Kepala Seksi Kelembagaan dan Kemitraan Media Kusma Supriyatna, Bidang TIK, Plt. Seksi Informasi Komunikasi Rudiyanto, Plt. Subag Umum Kepegawaian Dede Suwenti serta unsur staff dilingkungan Diskominfo.