Pelajari Sistem Elektronik, Wakil Gubernur Banten Bersama Tiga OPD Berkunjung ke Pemprov Jabar


BANDUNG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkunjung ke Pemprov Jawa Barat, Selasa (6/6). Dalam kunjungan tersebut Andika bersama tiga OPD mempelajari penerapan sistem elektronik yang telah diterapkan oleh pemerintah Jabar.

Tiga sistem elektronik yang telah sukses digunakan Pemprov Jabar dan dipelajari oleh Pemprov Banten yaitu Command Center, e-Samsat dan sistem Perizinan online.

Dalam kunjungan tersebut Andika diperlihatkan data server milik Kominfo Jabar senilai kurang lebih Rp 40 milyar. Data Server tersebut digunakan Kominfo Jabar untuk menyimpan data digital milik seluruh OPD Pemprov Jabar, seperti data digital untuk website OPD dan aplikasi milik OPD.

Wagub tampak sangat tertarik dan antusias agar Kominfo Pemprov Banten juga bisa memiliki fasilitas serupa. “Tapi kuncinya SDM (sumber daya manusia)-nya dulu harus siap. Percuma investasi sebesar itu kalau SDM-nya tidak siap,” ujar Andika dalam keterangan resmi yang diterima Radar Banten Online hari ini.
Diketahui Andika datang ke Provinsi Jawa Barat dengan memboyong Kepala Badan Pendapatan Daerah Opar Sohari, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Wahyu Wardana, Kepala Inspektorat E Kusmayadi, Kepala Dinas Kominfo Komari dan Staf Ahli Gubernur Enong Suhaeti. Selain itu, turut dalam rombongan, dari pihak Bank Banten.

Kepala Diskominfo Jabar Anton Gustoni menjelaskan, data server yang dibangun pihaknya secara bertahap. “Dan ini masih kurang. Rencananya kami akan terus tambah kapasitasnya, karena memang kan kebutuhannya terus bertambah,” katanya.

Dijelaskan Anton, selain untuk menyimpan data digital website seluruh OPD di Pemprov Jabar, data server yang dikelola Diskominfo saat ini juga digunakan untuk menyimpan data digital 4 aplikasi milik Pemprov Jabar. Keempat aplikasi tersebut adalah aplikasi keuangan daerah milik Badan Pendapatan Daerah, aplikasi ranah kerja pemerintah daerah (RKPD) milik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang diantaranya berupa aplikasi Musrenbang atau musyawarah perencanaan pembangunan, dan aplikasi e-monev milik Badan Pengendalian Pembangunan. Terakhir, aplikasi Sistem kepegawaian milik Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Lebih jauh Anton mengaku sangat mengapresiasi perhatian Wagub Banten Andika Hazrumy terkait soal kesiapan SDM. Menurutnya hal tersebut juga terjadi di Dinas Kominfo Jabar. “Untuk itu kami secara berkala melakukan pelatihan terkait bagi ASN-ASN kami di sini. Dan pelatihannya harus dan wajib yang tersertifikasi level internasional. Banyak itu pelatihan seperti itu,” katanya seraya merekomendasikan beberapa nama dan jenis sertifikat pelatihan terkait.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Banten Komari mengaku, Pemprov Banten saat ini juga telah memiliki beberapa aplikasi dan hamper semua OPD juga sudah memiliki website. “Tapi persoalannya itu belum terintegrasi, masih masing-masing erada di OPD nya masing-masing,” kata Komari.

Terkait pengaruh sistem elektronik terhadap pendapatan daerah, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar Dadang Soeharto menjelaskan, e-samsat merupakan system pelayanan pajak kendaraan bermotor yang memuaskan. “Dengan e-samsat, kami jamin tidak ada kebocoran satu sen pun,” katanya.

Selain e-samsat, Bapenda Jabar pun bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar juga meluncurkan program bernama Sipolin atau Siatem Informasi Pajak Online.

Sipolin adalah aplikasi untuk membayar pajak kendaraan bermotor roda dua dan empat yang dapat dibayar melalui telefon seluler. Aplikasi Sipolin dalat diunduh di Google Playstore.

Aplikasi yang baru ada pertama kalinya di Indonesia itu membuat wajib pajak lebih praktis dan mudah karena tidak perlu datang ke kantor Samsat ataupun ke ATM.

“Sementara gedung samsat kami sendiri di setiap daerah kami buat sebagus meungkin agar memberikan kenyamanan dalam pelayanan. Ini karena memang banyak masyarakat kita yang meski sudah bisa online, mereka tetap datang ke Samsat,” ujarnya.

Sumber :http://www.radarbanten.co.id/pelajari-sistem-elektronik-wakil-gubernur-banten-bersama-tiga-opd-berkunjung-ke-pemprov-jabar/


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan