Tingkatkan Kerjasama dengan Pers, Biro Humas dan Protokol Gelar Dialog Akhir Tahun


Kota Serang - Dalam rangka terlaksananya optimalisasi jalinan hubungan dan kerjasama pemerintah dengan pers di Provinsi Banten, Pemprov Banten melalui Biro Humas dan Protokol menggelar Dialog Evaluasi dan Silaturahmi Akhir Tahun bersama pers dilingkungan Pemprov Banten, Jum’at (09/12/2016). Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Daerah Administrasi Umum (Asda III) Setda Provinsi Banten H. Widodo Hadi mewakili Plt. Gubernur Banten Nata Irawan, S.H., M.Si., dan perwakilan pimpinan perusahaan media, wartawan media cetak dan elektronik, online serta SKPD dilingkungan Pemprov Banten.


Pada kesempatan tersebut, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Banten H. Deden Apriandhi, S.STP., M.Si., menjelaskan bahwa dialog akhir tahun ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan keberimbangan informasi program, hasil pembangunan dan kegiatan pemerintahan yang disuguhkan media massa kepada masyarakat.

Kami ingin membentuk pemahaman bersama antara SKPD Pemerintah Provinsi Banten dengan media relations untuk menunjang program-program pembangunan daerah,” kata Karo Humas dan Protokol Banten.

Menurut Karo Humas dan Protokol Banten, dialog dengan rekan-rekan pers yang biasa meliput di lingkungan Pemprov Banten untuk mendapatkan masukan dan saran dari insan pers terkait berbagai program bidang komunikasi, informasi dan publikasi di Pemerintah Provinsi Banten.

Intinya bahwa kita, Pemprov Banten selama ini merasa terbantu atas kerja sama dengan media baik dalam penyebaran informasi kepada masyarakat maupun pengawasan program pembangunan yang selama ini baik,” ujar Karo Humas dan Protokol Banten.

Adapun harapan Kepala Biro Humas dan Protokol Banten terhadap kemitraan antara pemerintah dengan pers harus lebih ditingkatkan lagi dan peran media dapat menjadi corong informasi kepada masyarakat.

Prinsip awal bahwa kami sangat membuthkan media untuk menyampaikan informasi pembangunan. Kritik dan saran dari teman-teman media kita tampung dan akan disampaikan kepada pimpinan,” harap Karo Humas dan Protokol Banten.

Sementara itu, Asda III Pemprov Banten H. Widodo Hadi menyatakan, melalui tulisan wartawan, informasi baik hasil-hasil pembangunan dan informasi publik lainnya dapat diketahui oleh masyarakat luas secara update, aktual dan terpercaya.

Kita sepakat hubungan ini dapat di jadikan dasar untuk menjalin kebersamaan karena Pemerintah Daerah sangat memerlukan peran media masa untuk menyampaikan hasil-hasil pembangunan untuk disampaiakan kepada publik luas,’’ kata Asda III.

Asda III mengungkapkan, bahwa proses pembelajaran menginginkan teman-teman media massa agar selalu menjaga kerjasama dan kekompakan. Adapun kritikan dalam artian membangun, artinya kritik itu harus proposional dan menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,.

Silakan dikritik, tetapi kritik itu harus proposional dan mendasar, karena peran media sebagai kontrol sosial,’’ ungkap Asda III.

Asda III juga menjelaskan bahwa Provinsi Banten menjadi salah satu provinsi yang didampingi KPK, bahkan tim Korsupgah KPK memiliki ruangan khusus di pendopo yang mamandu jalannya Pemerintahan Provinsi Banten, supaya benar dan bersih.

Ada hal yang memang sudah diatur sesuai koridor yang harus kita taati. Ada 74 rencana aksi dari KPK, tahu ini harus selesai. Kaitannya dengan media, mempunyai tugas pengawasan dan menjunjung tinggi pers yang bebas dan beretika,” jelas Asda III.

Sementara itu, pengurus PWI Banten Subhan menyatakan, melalui forum ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi antara pemerintah dengan pers, semoga hubungan komunikasi berjalaan baik. Hal ini ide yang sangat luar biasa, dalam konteks komunikasi, ada hal yang menjadi penghambat akan cair lewat acara ini. Semoga agenda seperti ini deigelar jangan satu tahun sekali, tetapi bisa ditengah atau awal tahun.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan